Anatomi Halaman Web: Cara Memaksimalkan Dampak SEO

Anatomi Halaman Web: Cara Memaksimalkan Dampak SEO

SEO tergantung pada mesin pencari yang memahami konten Anda sehingga mereka dapat menentukan di mana peringkatnya. Meskipun mereka terus membaik, mereka masih memiliki jalan panjang.

Adalah tugas kami untuk membantu mereka lebih memahami dengan tepat apa isi konten kami sehingga akan mendapat peringkat yang lebih baik dan menerima lebih banyak lalu lintas organik.

Tantangannya adalah bagaimana kita sampai di sana.

Jadi, bagaimana kami memastikan bahwa mesin pencari memahami konten kami?

Beberapa orang mendekati ini melalui coba-coba.

Mereka akan membuat halaman web di sana-sini. Mungkin beberapa hanya berisi banyak teks sementara yang lain dimuat dengan gambar dan video. Tidak ada struktur atau rencana seragam untuk konten mereka. Mereka mendekati setiap halaman sebagai kanvas kosong.

Mereka akan mengatakan “ada lebih dari satu cara untuk menguliti kucing!” Tetapi haruskah kita benar-benar mendengarkan orang yang ingin menguliti kucing? Maksudku, aku bukan penggemar kucing, tapi itu agak aneh.

Saya tidak suka pendekatan coba-coba acak.

Itu tidak efisien dan tidak konsisten.

Proses Menghasilkan Hasil yang Lebih Baik

Dengan proses yang terdokumentasi dan terbukti, Anda dapat meniru kesuksesan Anda dengan terukur.

Itulah sebabnya perusahaan seperti McDonalds dan Subway sangat sukses.

Mereka tentu saja tidak membuat makanan terbaik!

Sebaliknya, mereka hanya mengembangkan proses untuk menyiapkan makanan mereka dan melayani pelanggan mereka dengan cara yang sangat efisien dan konsisten.

Ini berarti bahwa hamburger biasa-biasa saja yang terbuat dari sumber daging yang dipertanyakan akan terlihat, tercium, dan rasanya persis sama di Tampa seperti di Seattle. Ini juga akan memakan waktu yang sama untuk persiapan, dan akan dikemas dengan cara yang persis sama.

Bayangkan jika Anda memiliki proses seperti itu untuk upaya SEO on-page Anda?

Yah, saya punya kabar baik dan kabar buruk untuk Anda.

Berita baiknya adalah saya memiliki cetak biru solid yang dapat Anda gunakan untuk membantu memastikan konten Anda memeriksa semua kotak dari perspektif SEO. Ini juga akan membantu memastikan konten Anda lebih unggul daripada sebagian besar, jika tidak semua, dari pesaing Anda.

Berita buruknya adalah ini bukan peluru perak.

Dalam banyak kasus, terutama ketika menghadapi pesaing yang kuat, Anda masih harus melakukan upaya signifikan dalam membangun tautan juga. Yang benar adalah bahwa Anda harus melakukan itu.

Jadi hari ini, kami akan menguraikan cara antipeluru untuk menyusun halaman web dengan cara yang membantu mesin pencari lebih memahami konten Anda sehingga peringkatnya lebih baik.

Keindahan dari pendekatan ini adalah bahwa meskipun membantu halaman web untuk peringkat yang lebih baik, itu juga meningkatkan pengalaman pengguna, yang membantu meningkatkan konversi.

Title Tag

Tag judul untuk halaman web adalah salah satu faktor terpenting pada halaman.

Ini memberikan konteks yang berharga untuk membantu mesin pencari memahami tentang apa halaman itu, tetapi biasanya juga apa yang ditampilkan dalam hasil pencarian. Itu sebabnya penting untuk menulis tag judul Anda untuk pengunjung, bukan hanya untuk mesin pencari.

Google biasanya akan menampilkan hingga 70 karakter pertama dari tag judul, jadi cobalah untuk tetap dalam rentang itu. Dan penting untuk memasukkan frasa kata kunci yang ingin Anda rangking dengan cara yang terdengar alami dan menarik.

Jika judul membosankan, membingungkan, atau spam, pencari biasanya tidak akan mengklik, dan jika mereka tidak mengklik, mereka tidak dapat mengunjungi situs web Anda.

Anda mungkin telah melihat contoh-contoh ini di hasil pencarian. Sesuatu seperti:

contoh title tag yang buruk untuk SEO

Jika Anda memiliki tag judul seperti ini, Anda mungkin mendapat peringkat yang buruk, orang-orang akan menertawakan Anda, dan anjing Anda akan melarikan diri.

Meta Description

Sementara deskripsi meta bukan merupakan faktor peringkat langsung, mereka dapat memengaruhi tingkat klik-tayang, dan itu dapat memiliki efek eksponensial pada upaya Anda.

Deskripsi adalah apa yang biasanya ditampilkan dalam hasil pencarian. Seperti halnya judul, jika deskripsi membosankan, membingungkan, atau spam, pencari biasanya tidak akan repot mengunjungi situs web Anda.

Google biasanya akan menampilkan hingga 160 karakter dari tag deskripsi meta, jadi cobalah untuk tetap di sana.

Dan juga penting untuk memasukkan frasa kata kunci yang ingin Anda rangking dengan cara yang terdengar alami dan menarik. Frase ini dapat ditampilkan dalam huruf tebal di hasil pencarian, membantu menarik perhatian pengguna.

Bread Crumbs

Meskipun Anda mungkin tidak perlu menggunakan remah roti untuk menemukan jalan pulang, mereka masih dapat memainkan peran berharga dalam kelangsungan hidup Anda. Setidaknya dari perspektif SEO.

Breadcrumbs adalah tautan teks sederhana yang memungkinkan pengunjung menelusuri kembali jalur mereka dari halaman yang saat ini sedang dalam perjalanan kembali ke halaman rumah Anda. Mereka harus ditempatkan di dekat bagian atas halaman Anda dan mencerminkan struktur URL situs Anda.

breadcumbs for seo

Jadi mengapa remah roti penting?

Pernahkah Anda memiliki peringkat halaman yang salah untuk topik tertentu?

Mungkin itu salah satu posting blog Anda melebihi salah satu halaman layanan Anda. Meskipun hal ini dapat terjadi karena beberapa alasan, seringkali karena mesin pencari tidak memahami bagaimana halaman tertentu berhubungan dengan halaman lain di situs web Anda.

Breadcrumbs membantu mesin pencari untuk lebih memahami konten Anda dari perspektif hierarkis. Dengan menunjukkan bagaimana halaman dalam situs web Anda berhubungan satu sama lain, Anda dapat membantu memastikan bahwa halaman yang benar memberi peringkat untuk topik yang benar.

Tetapi mereka juga memainkan peran penting dalam pengalaman pengguna dengan membuatnya lebih mudah bagi pengunjung untuk bernavigasi di seluruh situs web. Terutama pada situs web dengan struktur URL bertingkat yang tepat.

Table of Contents / Jump Links

Lebih sering daripada tidak, ketika pengunjung mendarat di halaman dari pencarian, mereka mencari informasi tertentu.

Membuat mereka bekerja untuk menemukan bahwa informasi akan mengusir mereka. Seringkali ke pelukan pesaing Anda.

Jadi bagaimana kita membuatnya mudah bagi pengunjung untuk menemukan apa yang mereka cari?

Pikirkan kembali ketika Anda di sekolah.

Ketika guru memberi tahu Anda untuk beralih ke bab tertentu, apa yang Anda lakukan?

Anda tidak baru saja membalik halaman membuka jalan ke bab itu, Anda juga tidak melompat secara acak dari halaman ke halaman dengan harapan tersandung secara acak.

Alih-alih, Anda cukup membalik ke daftar isi di bagian depan buku Anda untuk mencari tahu halaman apa yang dimulai dengan bab itu, dan kemudian membalik langsung ke halaman itu.

Ini bukan ilmu roket, kan?

Anda dapat melakukan hal yang sama dengan halaman web Anda.

Membuat daftar isi sesederhana membuat daftar yang tidak berurutan atau terurut, dan dari sana, menautkan ke jangkar bernama pada subpos Anda.

Subheads

Orang tidak membaca. Sial, saya tidak yakin kebanyakan orang bahkan bisa belakangan ini. Aku bercanda. Semacam. Tapi tidak juga.

Tapi saya serius ketika saya mengatakan orang tidak membaca.

Sebaliknya, sebagian besar orang memindai halaman, mencari sesuatu yang spesifik atau sesuatu yang menarik minat mereka. Di sinilah subjudul masuk.

Mereka memecah teks menjadi bagian-bagian yang lebih kecil dan logis.

Ini membantu mesin pencari lebih memahami konten Anda dengan menunjukkan hierarki informasi yang diterbitkan pada halaman itu. Ini tergantung pada penggunaan tag heading dengan tepat, dimulai dengan h1 dan terus ke h6. Anda tidak perlu menggunakan semua enam level, pada kenyataannya, dalam kebanyakan kasus, tiga atau empat akan banyak.

subheadings penting untuk seo

Subjudul juga membantu pengunjung menemukan informasi yang mereka cari dengan lebih cepat dan mudah, yang menciptakan pengalaman pengguna yang lebih baik. Tidak perlu mengalahkan kuda mati di sini — kita semua tahu betapa pentingnya pengalaman pengguna.

Lists

Kami sudah membahas bagaimana kebanyakan orang memindai, daripada membaca konten online.

List, adalah cara lain untuk membantu orang melakukannya dengan lebih mudah. Bahkan, data yang diorganisir dalam daftar sering menarik perhatian. Kenapa begitu, Anda bertanya?

  • Otak kita selalu mencari pola.
  • Peluru atau angka menarik perhatian kita.
  • Begitu juga pemformatan yang sedikit berbeda dari konten di sekitarnya.

Ini membuat list menjadi salah satu carayang bagus untuk menarik perhatian ke konten tertentu dan meningkatkan pengalaman pengguna.

Images

Gambar dapat memberikan informasi dan konteks tambahan yang tidak bisa dilakukan oleh kata-kata sederhana.

Kuncinya adalah memastikan gambar Anda benar-benar memberikan nilai.

Apa artinya ini adalah melompati stok foto yang tidak berarti dari orang-orang yang berjabatan tangan, duduk dalam rapat, atau tertawa secara acak tanpa alasan yang jelas.

Sebaliknya, gunakan:

  • Diagram dan / atau ilustrasi.
  • Foto produk atau komponen.
  • Gambar yang menunjukkan cara melakukan tindakan atau tugas tertentu.
  • Foto yang menunjukkan produk sedang digunakan.
  • Gambar yang menunjukkan peta atau area cakupan.
  • Infografis.

Cara Memastikan Mesin Pencari Memahami Gambar Anda

Tidak cukup hanya dengan memasukkan gambar yang berguna, karena mesin pencari belum dapat memahami gambar sendiri.

Kita perlu memberi mereka petunjuk tentang isi sebuah gambar. Tentang apa ini?

Kami melakukan ini dengan memberi nama file gambar dengan benar, menggunakan atribut alt gambar, dan dalam beberapa kasus, atribut judul.

File gambar harus dinamai dengan cara yang secara singkat menjelaskan konten. Jangan gila-gilaan mengisinya dengan kata kunci.

Nama file satu hingga lima kata yang akurat dan deskriptif harus memadai. Saya biasanya bertujuan untuk tiga kata jika memungkinkan.

Adapun atribut alt, kuncinya adalah untuk mengingat bahwa tujuannya adalah untuk memberikan informasi tambahan kepada pembaca layar yang digunakan oleh pengunjung tunanetra. Anda harus memasukkan satu atau dua kalimat pendek yang menggambarkan apa yang ada dalam gambar.

Dan jika suatu gambar merupakan tautan yang dapat diklik, atribut judul juga harus digunakan untuk menjelaskan apa yang seharusnya ditemukan oleh pengunjung jika mereka mengklik tautan tersebut.

According to Google…

“The alt attribute should be used to describe the image. So if you have an image of a big blue pineapple chair you should use the alt tag that best describes it, which is alt=”big blue pineapple chair.” title attribute should be used when the image is a hyperlink to a specific page. The title attribute should contain information about what will happen when you click on the image. For example, if the image will get larger, it should read something like, title=”View a larger version of the big blue pineapple chair image.” – John Mueller (Google), 2017

Ada satu aspek lagi yang ingin saya sentuh sebelum kita membungkus bagian ini, dan itu adalah mengoptimalkan gambar untuk meningkatkan kecepatan halaman.

Daripada membahas detail tentang topik itu di sini, saya akan mengarahkan Anda ke artikel sebelumnya yang saya tulis untuk meningkatkan kecepatan halaman. Di sana, Anda akan menemukan seluruh bagian tentang mengoptimalkan file media.

Video

Menurut Cisco, lalu lintas video akan menjadi 82% dari semua lalu lintas IP (baik bisnis dan konsumen) pada tahun 2022, naik dari 75 persen pada tahun 2017.

Statistik itu adalah pengubah permainan dan menunjukkan peran penting yang dimainkan video dalam pemasaran digital saat ini. Ini hanya akan menjadi lebih penting seiring berjalannya waktu.

Dari perspektif SEO, video adalah alat yang ampuh dalam menciptakan pengalaman pengguna yang positif dengan:

  • Menyajikan informasi dalam format yang mungkin lebih banyak dikonsumsi orang.
  • Menunjukkan keahlian dan otoritas.
  • Membina keterlibatan dan pengakuan merek.
  • Itu juga membuat pengunjung di situs web Anda lebih lama, yang mengurangi tingkat pentalan Anda dan meningkatkan kemungkinan mereka akan menjadi pelanggan.

Dan jika itu tidak cukup, video juga dapat dipublikasikan di YouTube, berpotensi menjangkau pemirsa baru yang belum dimanfaatkan dan mendorong mereka kembali ke situs web Anda.

Saya suka menempatkan setidaknya satu video di halaman web, dan saya suka yang pertama terlihat sebelum menggulir. Biasanya, ini tepat setelah paragraf pertama.

Schema (Data Terstruktur)

Ketika diterapkan dengan benar, skema dapat meningkatkan bagaimana halaman Anda dan merek Anda ditampilkan dalam hasil pencarian.

Jika Anda telah melihat gambar, ulasan, atau tanggal acara unggulan dalam hasil pencarian, maka Anda telah melihat skema yang sedang beraksi. Dan dalam hal itu, Anda juga pernah mengalami, secara langsung, bagaimana perangkat tambahan ini menarik perhatian pada hasil menggunakannya.

Penelitian menunjukkan bahwa situs web yang menggunakan skema menerima peningkatan lalu lintas pencarian organik ketika mereka memiliki snippet yang kaya.

schema-reviews

Meskipun skema bukan merupakan faktor peringkat langsung, skema ini membantu mesin pencari lebih memahami konten Anda, yang dapat meningkatkan peringkat.

John Mueller dari google mengatakan:

“There’s no generic ranking boost for SD usage.”…”However, structured data can make it easier to understand what the page is about, which can make it easier to show where it’s relevant (improves targeting, maybe ranking for the right terms).”

Anehnya, bahkan dengan perkiraan tertinggi, kurang dari sepertiga situs web saat ini menggunakannya. Seiring berjalannya waktu, skema akan digunakan oleh sebagian besar situs web, terutama karena penelusuran suara memperoleh daya tarik. Tetapi untuk sekarang, ini memberikan keunggulan kompetitif yang luar biasa.

Apa saja kegunaan Schema Markup?

Kenyataannya adalah bahwa hampir semua konten di situs web Anda akan memiliki itemscope, itemtype, dan itemprop terkait.

Itu tidak berarti bahwa Anda harus bergegas dan mengimplementasikan semuanya karena sebagian besar belum didukung oleh mesin pencari.

Untuk saat ini, yang harus Anda fokuskan meliputi:

  • Bisnis dan Organisasi
  • Acara
  • Pertanyaan yang Sering Diajukan
  • Orang-orang
  • Produk
  • Resep
  • Ulasan
  • Video

Dalam kebanyakan kasus, JSON adalah cara ideal untuk mengimplementasikan skema. Ini adalah skrip yang tertanam di kepala halaman web. Mungkin juga ada kasus di mana HTML dapat ditandai dengan microdata.

Penting, tidak, buat itu penting, untuk memastikan Anda menggunakan skema yang tepat, dalam keadaan yang tepat, di halaman yang tepat.

Saya pernah melakukan kesalahan ini dengan memasukkan skema bisnis untuk kantor pusat dan pemilik waralaba perusahaan nasional, tetapi karena berbagai alasan, info kontak yang ditampilkan pada halaman tidak sesuai dengan data skema.

Meskipun seharusnya ada skema yang sah untuk kedua perusahaan, itu dijalankan secara tidak benar. Ini mengakibatkan situs web untuk sementara menerima penalti manual.

Anda tidak ingin berada di sana, jadi pastikan untuk memahami dan mengikuti pedoman data terstruktur Google.

———————–

Diterjemahkan dari

https://www.searchenginejournal.com/webpage-anatomy/

Internet Marketer
Leave a Reply