JENIS MOTIF BATIK DAERAH JOGJA

Batik adalah kain yang dilukis menggunakan canting dan cairan lilin malam sehingga membentuk lukisan-lukisan bernilai seni tinggi diatas kain mori. Batik berasal dari kata amba dan tik yang merupakan bahasa jawa, yang artinya adalah menulis titik. Kalau jaman dulu disebutnya ambatik. Dalam pengolahannya diproses dengan cara yang khusus dan khas. Batik yang ada di Indonesia merupakan salah satu budaya yang sudah ditetapkan oleh UNESCO sebagai sebuah warisan pada kemanusiaan untuk lisan maupun non bendawi. Perihal ini sudah ditetapkan oleh UNESCO sejak tanggal 02 Oktober 2009, maka dari itu pada setiap tanggal 02 Oktober selalu menjadi sebuah momen peringatan Hari Batik Nasional di Indonesia. Ada beberapa jenis dan macam motif batik di Indonesia yang memiliki ciri khas beragam di setiap daerah di Indonesia. Berikut ini merupakan beberapa macam motif batik berdasarkan asalnya. Simak selengkapnya.

Motif Batik Sidoluhur – Yogyakarta

Motif batik ini mempunyai makna keluhuran. Orang Jawa beranggapan bahwa tujuan hidup adalah untuk mencapai keluhuran materi dan non materi. Motif ini juga mempunyai makna bahwa orang tidak hidup untuk dirinya sendiri, namun dia juga hidup untuk keluarga, lingkungan, masyarakat dan tuhan yang menciptakannya.

Motif Batik Keraton – Yogyakarta

Batik keraton ini melambangkan kearifan, kebjikasanaan dan juga kharisma raja-raja Jawa. Zaman dulu, batik ini hanya boleh digunakan warga keraton saja, namun saat ini siapa saja boleh menggunakannya. Batik keraton ini memiliki ciri-ciri yaitu motif bunga yang simetris atau saya burung yang dikenal sebagai motif sawat lar. Batik ini bisa dibilang paling banyak dipakai baik itu oleh orang Indonesia atau orang luar negeri.

Motif Batik Ceplokan – Yogyakarta

Motif ini merupakan kategori batik hias yang sering dipadukan dengan berbagai motif batik yang lainnya agar mendapatkan corak motif yang lebih indah. Motif batik ini berdasarkan bentuk geometri yang diulang-ulang seperti persegi, persegi panjang, bulat telur dan juga bintang.

Motif Batik Lereng/Liris – Yogyakarta

Motif batik Lereng/Liris ini memiliki motif pokok garis-garis miring yang sejajar dan biasanya diantara garis-garis miring ini ditambahkan motif tambahan seperti bunga, daun, titik dan sejenisnya.

Nah itulah beberapa Jenis Motif Batik Daerah. Jika kamu sedang mencari batik seragam ataupun kain batik anda dapat menghubungi kami Juragan Batik Jogja. Kami menyediakan berbagai motif batik dengan corak dan warna. Anda dapat memilih motif yang diinginkan, sesuai dengan kesediaan barang atau kami cetakkan ulang sesuai jumlah yang diinginkan. Segera hubungi kami jika anda membutuhkan kain batik yang berkualitas. Tidak hanya memproduksi kain batik, Juragan Batik juga menyediakan layanan jasa cetak batik dalam jumlah sedikit maupun jumlah masal. Ayo segera hubungi kami dan pesan batik motif sendiri di Juragan Batik Jogja.