Mengenal Jenis Iklan di Aplikasi Mobile / Mobile App Ads

Apa itu iklan?

Iklan (sering disingkat menjadi iklan atau iklan) adalah promosi produk, merek, atau layanan kepada pemirsa untuk menarik minat, keterlibatan, dan penjualan. Iklan datang dalam berbagai bentuk, dari salin ke video interaktif, dan telah berkembang menjadi fitur penting dari pasar aplikasi.

Sebuah iklan berbeda dari jenis pemasaran lainnya karena dibayar, dan karena pembuat iklan memiliki kendali penuh atas konten dan pesan.

Mengapa iklan penting?

Iklan adalah metode yang dijamin untuk menjangkau audiens. Dengan membuat iklan yang menarik, dan pengeluaran yang cukup untuk menjangkau banyak pengguna, iklan dapat berdampak langsung pada bisnis. Efek ini dapat dilihat dalam peningkatan perdagangan atau peningkatan pengakuan merek, di antara banyak metrik yang berbeda.

Seperti apa tampilan iklan dalam aplikasi?

Iklan dalam aplikasi memiliki banyak bentuk, termasuk teks, spanduk, pemberitahuan push, dan iklan video pra atau pasca-putar. Iklan video seperti itu biasanya sekitar 10-15 detik (meskipun mereka dapat bervariasi) dan biasanya menampilkan produk dalam waktu itu. Semakin lama, iklan menjadi interaktif, memberikan lebih banyak keterlibatan bagi pengguna. Salah satu contohnya adalah penggunaan tautan dalam, suatu fitur yang memungkinkan pengiklan untuk mengirim pengguna secara langsung ke halaman instalasi dalam satu klik.

Format iklan mana yang harus saya gunakan?

Memilih format yang tepat dapat menjadi keputusan buat-atau-hentikan dalam beriklan. Mari kita lihat beberapa format iklan paling umum dalam iklan seluler dan kapan mereka bisa sangat efektif.

Banner ads

Dengan banner ads, tujuannya adalah untuk menampilkan gambar dan menunggu pengguna untuk melihat, mengklik dan mengonversi – membuat grafik berkualitas dan komponen penting ajakan bertindak (CTA).

banner ads

Interstitial ads

Interstitial ads menawarkan pengalaman layar penuh. Ini dapat digunakan untuk menghindari ‘kebutaan banner’, ketika pengguna menjadi terbiasa melihat iklan banner sehingga mereka tidak lagi memperhatikan. Iklan pengantara juga dapat diperluas (dikenal sebagai iklan yang dapat diperluas), yang dimulai sebagai iklan spanduk biasa sebelum mengambil seluruh layar.

Interstitial ads

Native ads

Native ads adalah ketika iklan dirancang agar sesuai dengan lingkungan tempat iklan itu ditempatkan. Misalnya, ketika Anda melihat tag ‘disponsori’ dilampirkan ke video YouTube, ini adalah iklan asli pada platform tertentu.

Native ads

Video ads

Seperti namanya, iklan video adalah iklan dalam format video. Menurut sifatnya, iklan video adalah metode periklanan yang populer karena mereka dapat sangat menarik dengan rasio klik-tayang (CTR) yang tinggi.

Video ads

Playable ads

Dengan memberikan pengguna akses ke gameplay interaktif, iklan yang dapat diputar memungkinkan Anda mencoba sebelum membeli. Ini memberi pengguna pandangan terbatas pada aplikasi, menawarkan sorotan yang seharusnya mendorong pengguna untuk menginstal. Karena pengguna dapat mengukur minat mereka sebelum membeli aplikasi, iklan yang dapat diputar dapat digunakan untuk mengurangi tingkat penghapusan pemasangan aplikasi.

Playable ads